Gowes Lover Nusantara

Wajib Diperhatikan! Ini Cara Untuk Mengatasi Tangan Kesemutan Saat Bersepeda, Gowes

Tips Cegah Tangan Kesemutan Saat Gowes

Masih sering merasakan kesemutan alias mati rasa di bagian tangan ketika bergowes? Mulai sekarang, coba ya ikuti cara mengatasi kesemutan pada jari tangan Anda ketika bersepeda.

Avonturbike.com – Tentu banyak pegowes sering atau pernah mengalami kesemutan atau mati rasa di bagian pergelangan tangan ketika bergowes. Kalau Anda adalah salah satu pegowes yang pernah merasakannya, pasti tahu kalau rasanya tidak nyaman saat bersepeda. Apalagi bergowes dengan jarak tempuh jauh jelasnya gejala kesemutan tersebut sangat mengganggu perjalanan mengayuh.

Satu pertanyaan, apa yang menyebabkan tangan kesemutan atau mati rasa? Dalam ilmu kodekteran atau medis yang dikenal dengan istilah Carpal Tunnel Syndrome yang disingkat dengan CTS artinya Sindrom Terowongan/Lorong Karpal yang merupakan gejala penyakit yang ditandai dengan kondisi.

Melansir dari situs Alodokter.com, Sindrom Terowongan Karpal adalah kondisi yang mengakibatkan kesemutan atau mati rasa, nyeri dan atau lemah otot di telapak tangan maupun pergelangan tangan. Sindrom tersebut terjadi saat saraf di dalam pergelangan tangan terhimpit atau tertekan.

Baca Juga: Cara Bersepeda Yang Lebih Baik dan Lebih Nyaman

Terowongan karpal adalah lorong sempit di dalam pergelangan tangan yang dibentuk oleh tulang karpal pada pergelangan tangan (tulang karpal) dan jaringan penghubung antar tulang (ligamen). Di dalam lorong karpal, terdapat saraf median, yang mengendalikan otot jari tangan dan menerima rangsangan dari kulit di bagian tangan.

Jadi, kesemutan atau mati rasa tersebut terjadi ketika lorong karpal menjadi sempit akibat tekanan berlebihan pada saraf median. Sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar, yang seharusnya mengailr ke jari-jari tangan.

Sederet Cara Mengatasi Kesemutan

Carpal tunnel syndrome (CTS) Ulnar Median Nerve Sensory Handlebar Held in Position Sindrom Lorong Terowongan Karpal Avonturbike Gowes Lover Nusantara
Ilustrasi Posisi Tangan Pada Handle-bar Sepeda

Baca Juga: Beberapa Langkah Bersepeda Yang Baik dan Benar Perlu Diketahui

Apa yang harus dilakukan jika jari tangan kesemutan atau mati rasa saat bergowes? Yupz, lakukan sederet cara ini untuk mengatasi mati rasa tangan yang terus menerus.

  1. Rangka Sepeda Yang Tepat: Sesuaikan ukuran rangka sepeda dan pastikan komponen-komponen sepeda disetel sesuai dengan mekanika tubuh Anda (yang optimal). Secara teknis pemasangan sepeda yang profesional dan tepat dapat membantu pertanyaan-pertanyaan ini.

    Ingat, mengurangi vibrasi itu adalah kuncinya. Yupz, lakukan penyetelan sepeda sesuai postur tubuh Anda, jadi pastikan suspensi sepeda Anda disetel dengan benar dan sesuaikan tekanan angin ban dengan berat tubuh Anda.

  2. Dapatkan Handgrip Yang Mantap: Pertimbangkan untuk menggunakan pegangan (handgrip) yang lebih tebal dan lembut yang juga lengket sehingga Anda tidak perlu mencengkeram terlalu erat. Karena terlalu erat mencengkram handgrip efeknya, ruang di telapak tangan tidak mendapatkan sirkulasi darah dengan baik.

    Sebagai tips, untuk menghindari kesemutan ketika bersepeda caranya; sering-sering merubah posisi tangan pada handlebar dan saat mencengkeram handgrip usahakan kondisi tangan rileks. Serta siku Anda tetap rileks di semua posisi. Agar bagian pergelangan tangan dapat menyerap vibrasi dari jalan yang tidak mulus.

  3. Kenakan Sarung Tangan Yang Empuk: Vibrasi itu sendiri dapat mengganggu saraf Medianus dan Ulnaris, tetapi juga menyebabkan Anda mencengkeram lebih erat dari biasanya. Maka dari itu, gunakan sarung tangan yang empuk atau memiliki bantalan yang tebal. Sehingga ketika bersepeda melintasi jalanan tidak mulus atau makadam, vibrasi pada handlebar dapat diserap oleh sarung tangan yang empuk tersebut.

    Pastikan sarung tangan yang digunakan tidak terlalu pas atau ketat. Sebab menggunakan sarung tangan yang ketat membuat aliran darah mengalir dari pergelangan menuju ke jari tangan tidak lancar.

  4. Posisi Stabil dan Seimbang: Ketika bersepeda, perhatikan posisi Anda secara keseluruhan. Upayakan posisi duduk dengan saat mengayuh harus dalam kondisi stabil dan seimbang. Jika tidak, Anda mungkin terlalu membebani tangan karena mengandalkan lengan untuk tetap tegak sehingga efeknya bagian telapak tangan cepat kesemutan.

    Cara untuk mengetahui posisi stabil dan seimbang diatas sepeda ialah Kondisi sepeda melaju dengan kecepatan pelan lalu lakukan dengan melepaskan kedua tangan dari handlebar mengangkat tangan posisi keatas atau lurus ke bawah dan atau ke belakang. Bila sepeda melaju dengan stabil maka posisi badan saat itu (bersepeda) benar-benar sudah seimbang.

  5. Faktor Lain: Beberapa faktor diluar sepeda dengan beraktivitas melibatkan tangan, seperti menghabiskan waktu dengan mengoperasikan komputer/laptop atau bermain keyboard/piano. Aktivitas yang melibatkan tangan ini juga menyebabkan masalah pada bagian pergelangan tangan.

    Jika Anda mengalami masalah kesemutan ini pada sepeda ada baiknya segara periksa ke dokter atau baca referensi terkait gejala kesemutan di artikel Tips untuk mencegah Carpal Tunnel Syndrom pada pekerja kantor [Source 📑].

Artikel Lain: Lebih Baik Bersepeda di Pagi Hari, Sore Hari Atau Malam Hari?

Nah, itu dia sederet cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gejala kesemutan pada jari tangan Anda. Cukup mudah, ya..🤔

***

Salam Gowes✋

* * * 

No comments:

Powered by Blogger.